-->

Learning Journal Komitmen Mutu

LEARNING JOURNAL KOMITMEN MUTU

Komitmen mutu, efektifitas, efesiensi, inovasi
Learning Journal Komitmen Mutu

Learning Journal Komitmen Mutu - “Efektivitas organisasi berarti sejauh mana organisasi dapat mencapai tujuan yang ditetapkan, atau berhasil mencapai apapun yang coba dikerjakannya. Efektivitas organisasi berarti memberikan barang atau jasa yang dihargai oleh pelanggan.” Efesien adalah ketetapan penggunaan Sumber Daya, baik ditinjau dari aspek, waktu, biaya, tenaga, sehigga tidak terjadi pemborosan. Sesuatu yang efektif belum tentu efesien minsalnya minsalnya dalam pembuatan surat yang terus mengalami kesalahan setelah dikoreksi oleh atasan yang didapati banyak kesalahan hingga terjadi pemborosan kertas.


Di zaman era globalisasi inovasi menjadi sebuah tuntuntan, bilamana tidak mampu membuat sebuah inovasi maka akan tergilas oleh zaman. Inovasi adalah adalah pengembangan dan implementasi gagasan-gagasan baru oleh orang dalam jangka waktu tertentu yang dilakukan dengan berbagai aktivitas transaksi di dalam tatanan organisasi tertentu. Inovasi itu pasti berasal dari gagasan, namun tak semua gagsan bisa dikatakan inovasi, minsalnya gagasan ingin memnciptakan Kabupaten Kepuluan Meranti menjadi kota metropolitan. 


Di lingkungan instansi tempat saya berkerja, efektifitas, efesiensi, inovasi dalam pembelajaran masih kurang. Ini terlihat pada guru-guru mengajar masih menerapakan system lama, dengan metode ceramah dan siswa menyalin materi dari buku paket. Metode seperti ini tentunya sangat tidak efektif dan efesien sekali yang mana metode ini akan melahirkan kebosanan dalam belajar. Hal ini dapat dilihat masih ada siswa yang rebut di kelas, main sendiri-sendiri dan sering permisi.


Momen Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) di Kota Sukabumi ditandai dengan peluncuran empat program inovasi, Kamis (2/5). Keempat program ini untuk mempercepat pembangunan pendidikan di Sukabumi agar dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. "Untuk mempercepat pembangunan bidang pendidikan di Sukabumi, digulirkan sejumlah sistem atau program inovasi,’’ ujar Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi kepada wartawaan selepas upacara hari pendidikan nasional.


"Untuk mempercepat pembangunan bidang pendidikan di Sukabumi, digulirkan sejumlah sistem atau program inovasi,’’ ujar Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi kepada wartawaan selepas upacara hari pendidikan nasional. Ada empat program inovatif yang diluncurkan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Sukabumi. Pertama kata Fahmi Si Legit atau Sistem Informasi Literasi Digital, kedua Si Incu Sitem Informasi Inklusif Center Uni, ketiga Si Pulpen atau Sistem Informasi Pusat Layanan Pendidikan, Terakhir Sikabayan atau Sistem Aplikasi Kebudayaan.


Di sisi lain, kata Fahmi, pemkot berfokus pada pembangunan sumber daya manusia karena menjadi prioritas utama,'' ujar Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi di sela-sela peringatan hari pendidikan nasional. Sehingga ke depan pengalokasian anggaran pendidikan harus lebih berpihak dalam pembentukan karakter anak-anak bangsa. 

Gagasan /penerapan kegiatan untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik yang akan dilakukan adalah mengopitmalkan tekonologi seperti handhpone, laptop untuk meningkat efektif dan efesiensi dalam pembelajaran. 


Alhamdulillah ditempat sekolah peserta berkerja terdapat listrtik PLN, Jaringan sinyal memadai, dan beberapa perangakat IT, seperti Handphone dari bantuan pemerintah dan In Fokus. Hanya tinggal berkonsultasi dengan kepala sekolah bagaimana untuk mengoptimalkan kembali prasarana yang dimiliki.


Baca Juga :
LihatTutupKomentar